pencarian

Gunung Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba di Nglanggeran Yogyakarta calon geopark?, adalah pertanyaan yang pernah ditujukan pada saya. Kalau pertanyaannya diperjelas menjadi ‘Pantaskah Gunung Api Purba menjadi geopark?, jawabnya pasti pantas. Perwakilan UNESCO yang mengunjungi Gunung Api Purba pada Oktober 2010 silam pun mengatakan layak.
Namun jika pertanyaannya menjadi ‘Bisakah Gunung Api Purba menjadi geopark?, saya hanya bisa menjawab lirih, semoga.
Indonesia Belum Punya Geopark. atau taman bumi merupakan sebuah kawasan atau situs warisan geologi (geological heritages) yang mempunyai nilai ekologi dan warisan budaya (cultural heritages) dan berfungsi sebagai daerah konservasi, edukasi dan sustainable development. Geopark ditetapkan dalam sidang Global Geoparks Network (GGN), sebuah badan bentukan
Gunung Api Purba Nglanggeran.atau Gunung Nglanggeran yang terdapat di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta pada akhir 2010 digadang-gadang menjadi geopark pertama di Indonesia. Sejumlah geolog menilai Gunung Api Purba pantas menjadi geopark. Bahkan perwakilan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk pendidikan dan ilmu pengetahuan (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization/ UNESCO) pun memberikan penilaian yang sama.
Selain memiliki nilai ekologi, Gunung Nglanggeran juga memiliki nilai warisan budaya (cultural heritages) dan berfungsi sebagai daerah konservasi, edukasi serta sustainable development. Dengan potensi tersebut Gunung Api Purba telah memenuhi syarat sebagai geopark (Taman Bumi Internasional) dan dapat diusulkan dalam sidang Global Geoparks Network (GGN) untuk ditetapkan sebagai geopark oleh Unesco.
Gunung Api Purba merupakan gunung atau bukit dengan ketinggian 700 meter dpl yang terdapat di desa Nglanggeran kecamatan Patuk kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Letaknya hanya 25 km dari kota Yogyakarta.
Gunung Api Purba ini diyakini merupakan bekas gunung api purba yang telah ada sejak 25-60 juta tahun silam. Gunung ini telah ada jauh sebelum munculnya gunung Merapi. Akibat proses geologi yang terus berlangsung selama jutaan tahun, gunung api purba di Nglanggeran ini sudah tidak aktif kembali.
UNESCO yang dilaksanakan 2 tahun sekali. Di seluruh dunia terdapat 66 geopark yang tersebar di 20 negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar