pencarian

Kaliurang

Jika Bogor punya Puncak, Jawa Barat punya  Lembang, Semarang punya Bandungan, maka Yogya punya Kaliurang. Sudah banyak cerita tentang keindahan Kaliurang. Kaliurang selalu dihubungkan dengan wisata udara sejuk dan suasana romantis di kaki Gunung Merapi.
Tempat wisata ini mulai dikenal sejak awal abad ke-19, ketika ahli geologi Belanda bermaksud mencari tempat peristirahatan bagi keluarganya. Ketika menemukan tempat ini kemudian mereka mendirikan bungalow-villa dan sebagainya. Sehingga kawasan kaliurang sangat cocok untuk wisata keluarga atau bulan madui bagi pengantin baru. Saya menyarankan janganlah anda berkunjung ke Kaliurang dengan niat Pacaran, lebih baik anda menikah dahulu supaya lebih aman.
Tempat-tempat layak  dikunjungi:
Selain menginap di villa-villa yang sangat banyak di sini untuk melepas penat setelah seharian bekerja. Anda juga memiliki beberapa alternatif wisata yang bisa dilakukan:
1. Susur alam: Menyusuri dan melintasi alam sebelah barat Bukit Plawangan anda akan bisa menikmati indahnya pepohonan dan hutan serta , deretan 22 gua peninggalan Jepang
2. Bangunan bersejarah: adalah Wisma Kaliurang dan Pesangrahan Dalem Ngeksigondo milik Kraton yang pernah dipakai sebagai tempat berlangsungnya Komisi Tiga Negara.
3. Museum Ullen Sentalu: museum ini akan membantu anda mengungkap misteri kebudayaan dan nilai-nilai sejarah Jawa, terutama yang berhubungan dengan putri Kraton Yogyakarta dan Surakarta pada abad ke-19.
4. Taman Rekreasi Kaliurang. Luasnya sekitar 1 Ha terdapat berbagai fasilitas permainan untuk  anak-anak,  dihiasi oleh patung jin ala kisah 1001 malam
5. Taman Wisata Plawangan Turgo: terdapat kolam renang Tlogo Putri
6. Menikmati satwa liar: monyet burung
7. Menikmati puncak merapi dengan teropong (disewakan sekitar Rp.5000 selama 30 menit)
8. Berkeliling menggunakan kereta kelinci melewati gardu pandang  (Sewanya Rp.3.000 per orang). Untuk perjalanan eksklusif, tarifnya Rp.20.000 akan menjadikan anda seorang laTiket Masuk Kaliurang:
Pengunjung + asuransi: Rp.3000/orang
Bus/Truk: Rp.3000
Mobil: Rp. 3000
Motor: Rp.2000yaknya bangsawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar